Info Pelayanan

Pelayanan desa mengacu pada berbagai layanan yang disediakan oleh pemerintah desa kepada penduduk dan masyarakat di wilayah desa. Tujuan utama dari pelayanan desa adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memfasilitasi pembangunan di tingkat desa, dan memenuhi kebutuhan dasar penduduk desa. Pelayanan desa mencakup berbagai aspek, seperti pelayanan administratif, sosial, kesehatan, pendidikan, infrastruktur, dan lain-lain. Berikut adalah beberapa contoh pelayanan desa yang umum :

A. Pelayanan Administrasi

    • Pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil (kelahiran, kematian, perkawinan, dll.).
    • Penerbitan surat-surat administratif (kartu keluarga, KTP, surat keterangan, dll.).
    • Pengelolaan data dan informasi desa.

B. Pelayanan Kesehatan

    • Puskesmas atau posyandu untuk pelayanan kesehatan dasar.
    • Program imunisasi dan kesehatan ibu dan anak.
    • Pengelolaan dan distribusi obat-obatan dasar.

C. Pelayanan Pendidikan

    • Pendidikan TPA, Paud, TK, dan SD/SDIT dan SLB B-C YPAALB di tingkat desa.
    • Pembangunan Pembangunan dan Pemeliharaan sarana pendidikan (sekolah, perpustakaan, dll.)

CONTACK PERSON :

D. Pelayanan Pembangunan Infrastruktur


* Pemeliharaan jalan, Talud, dan Saluran.
* Penyediaan air bersih dan sanitasi
* Pengelolaan sampah

E. Pelayanan Sosial

> Penyaluran Bantuan kepada masyarakat keluarga tidak mampu ( BLT Dana Desa, PKH, Beras cadangan pangan, dan bantuan sosial lainnya).
> Program bantuan bagi warga lanjut usia, kelompok difabel, maupun kelompok rentan lainnya.
> Pelayanan DTKS dan SKTM

F. Linmas dan KST Desa Langenharjo

Trantib dan Linmas merupakan ujung tombak / garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dibidang keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat serta perlindungan masyarakat juga merupakan kekuatan / potensi yang siap dikerahkan dalam membantu penyelenggaraan Pemerintah Desa Langenharjo.